Loading...
Jumat, 28 Oktober 2011

Indahnya Islam bagi masyarakat dunia


”Dan tiadalah Kami mengutus kamu, melainkan untuk rahmat bagi semesta alam”.
(QS Al-Anbiya’: 107)

Sebuah riset fantastis yang dilakukan oleh salah satu surat kabar terkemuka di dunia. Riset tersebut menyebutkan bahwa “hampir di seluruh dunia, setiap hari pasti ada golongan-golongan dari agama lain yang masuk dan memeluk agama Islam.”

Sebenarnya apa yang membuat mereka tertarik dengan agama kita yang mulia ini?

Arti Islam
Islam secara etimologi berarti; berserah diri, dan tunduk patuh. Secara terminologi artinya berserah diri kepada Allah dengan cara men tauhidkan-Nya, tunduk patuh dengan melaksanakan ketaatan atas segala perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya, serta bebas diri dari perbuatan syirik dan orang-orangnya.

Apabila Islam disebut dengan Iman maka maksudnya adalah perkataan dan amalan. Islam adalah satu-satunya agama yang benar dan satu-satunya yang diterima Allah. Islam berarti berserah diri kepada Allah dengan cara mentauhidkan-Nya, tundukdan patuh kepada-Nya dengan melaksanakan ketaatan atas segala perintah dan menjauhi larangan-Nya, serta membebaskan diri perbuatan syirik.

Agama Islam adalah satu-satunya agama yang benar dan diterima Allah. Agama maupun kepercayaan buatan selain Islam adalah batil tidak akan diterima dan ditolak mentah-mentah.
Sebagaimana firman Allah
  
“Barangsiapa yang mencari agama selain Islam, maka tidak akan diterima dan di akhirat termasuk orang-orang yang rugi”.
(QS. Ali Imron: 85)


Mudahnya Islam
”Islam itu tinggi dan tiada yang bisa menandingi ketinggiannya” (Ucapan ‘Ali bin Abu Tholib)

Prinsip-prinsip agama Islam itu jelas, terang, kokoh, abadi selama-lamanya. Yang semuanya diambil dari sumber utama; Al-Qur’an dan As-sunnah yang shohih. Konsep-konsep Islam sangat gamblang, sempurna dalam hal keyakinan aqidah, amal ibadah, konsep syari’at, dan perilaku. Jauh dari kata-kata kacau, tidak pula muter-muter, plin-plan, ruwet dan mengada-ada.

Islam adalah sumber kebahagiaan, kesuksesan dan kemuliaan manusia. Segala jenis kebaikan semuanya terdapat dalam ajaran Islam. Ajaran Islam membuahkan berbagai jenis kebaikan dan keberkahan dunia akhirat.

Ajaran Islam cocok untuk seluruh bangsa dengan beraneka latar problematikanya. Islam sesuai di setiap masa dan tempat, di setiap kondisi dan situasi. Dengan Islam ini ummat manusia akan menjadi baik, sejahtera, dan aman sentausa. Tetapi Islam tidak tunduk kepada tempat dan kondisi umat.

PRINSIP - PRINSIP ISLAM
Setiap muslim bisa jadi sebagai petani, polisi, aparatur negara, wiraswasta atau apa saja namun kewajiban menjadi seorang hamba Allah yang baik adalah kewajiban utama dalam hidupnya. Sehingga mengetahui dasar dan karakteristik agama Islam merupakan kewajiban pula. Dengan mengetahui Islam kita akan semakin yakin bahwa hanya Islam sajalah yang dapat menyelesaikan setiap masalah yang dihadapi oleh seluruh manusia. Baik individu, rumah tangga, masyarakat, bangsa dan Negara. Dalam seluruh aspek kehidupan, entah masalah keyakinan, ibadah, akhlaq, ekonomi, politik dan seterusnya. Semuanya telah diterangkan secara global di dalam Islam. Maka Islam merupakan nikmat yang besar dari Allah untuk manusia. Orang yang tidak mengetahuinya akan senantiasa berada pada kegelapan dan kerugian. Akibatnya dia menderita
dalam kekafirannya. Hidupnya sengsara dan celaka, jauh dari ketentraman dan di akhirat disiapkan siksa yang pedih.

Setiap muslim tentunya mengakui bahwa nikmat terbesar adalah Islam ini. Dengannya ia mampu mengarungi kehidupan dan menghadapi ujian kehidupan dengan mendapati petunjuk. Ia sangat berterima kasih kepada Allah karena diberi karunia agung ini. Bisa mengikuti ajaran nabi yang mulia, bisa menunuaikan kewajiban yang seharusnya. Sehingga bukti terimakasih tadi berupa senantiasa beribadah kepada Allah dengan ikhlas,
mentauhidkan Allah dan menjauhi kesyirikan. Ia beramal sholih, berakhlak mulia, beradab dengan adab yang bermanfaat. Menjauhi perbuatan syirik, meninggalkan amal dan akhlak yang buruk yang membahayakan hati dan badan.

Keindahan Islam berupa perintah dan larangan.
Islam menyuruh kepada setiap kebaikan serta melarang dari setiap keburukan. Tiada satu kebaikanpun kecuali Islam telah membimbingnya, sebaliknya tiada satupun keburukan kecuali Islam telah melarangnya.
Di antaranya yang utama, Islam memerintahkan untuk bertauhid dan melarang syirik.

Dengan tauhid ini umat menjadi mulia, menampakkan harga diri dan memberikan kelezatan iman. Islam memerintahkan untuk berbuat adil serta obyektif. Melarang dholim. Islam memerintahkan Iman, melarang kufur. Menganjurkan mengikuti sunnah melarang bid’ah. Memerintahkan jujur, transparansi melarang menipu, promosi palsu, laporan fiktif, curang dalam menimbang, dan setiap daging yang tumbuh dari yang haram maka nerakalah yang paling tepat balasannya. Islam memerintahkan agar amanah,melarang khiyanat. Manajemen pribadi, keluarga maupun institusi yang akurat, bertanggung jawab bukan manajemen yang penuh dengan kepentingan pribadi.

Islam memerintahkan menetapi janji melarang ingkar janji, memerintahkan berbakti kepada ibu bapak melarang mendurhakainya, memerintahkan taslim, melarang murtad, memerintahkan berakhlaq mulia, tawadhu’, dermawan, kasih sayang, melarang berakhlaq bejat, liar, sombong, hasad, suka menggunjing, memfitnah, adu domba, provokasi, mencela, meremehkan orang lain, dan sebagainya.
Islam menjaga jiwa 45) dan kehormatan, melarang pertumpahan darah 46), pembunuhan tanpa haq dan kesewenang-wenangan 47). Oleh karenanya siapa yang membunuh tanpa alasan yang benar maka hukumannya qishos. 48)

“Sesungguhnya darah kalian, harta benda kalian, kehormatan kalian, haram atas kalian seperti terlarangnya di hari ini, bulan ini dan negeri ini. Hendaknya yang hadir menyampaikan kepada yang tidak hadir” 49) (HR Bukhori)
“Lenyapnya dunia lebih ringan di sisi Allah daripada terbunuhnya seorang muslim” (HR. An-Nasai)

Khotimah
Alangkah indahnya jika islam benar-benar diterapkan. Karena tidak akan berani macam-macam otang yang hendak melakukan kejahatan. Maka masyarakat akan merasa aman, terlindungi, tersantuni, dibantu, disayangi, diupayakan kesejahteraannya.

0 komentar:

 
TOP