Loading...
Sabtu, 18 Februari 2012

Keajaiban Kupu-kupu

Banyak kupu-kupu yang begitu luar biasa indahnya sehingga disebut sebagai “bunga-bunga yang mengasyikkan”, “lirik-lirik visual,” atau pelangi-pelangi indah.”  Kupu-kupu yang rapuh, berwarna-warni sukar di cari, dan cantik itu, selalu memiliki suatu pesona hipnotis bagi manusia.  Namun, walaupun struktur/susunan halus dan pewarnaan mereka yang indah, menimbulkan rasa kagum, bahkan kepada mata telanjang, hanya didalam mikroskop saja keagungan mereka yang luar biasa itu dapat dinyatakan.  Kemudian tampak bahwa didalam kasus, warna, sayap mereka bukanlah warna pigmen tetapi warna structural.
Permukaan sayap mereka terdiri dari sisik-sisik kecil yang banyak sekali dan tindih menindih, bagaikan genteng-genteng atap rumah yang permukaannya beralur-alur atau berlekuk-lekuk.  Dengan demikian setiap sisik merupakan sebuah spektroskop, dengan kuasa untuk memecahkan terang menjadi bagian-bagian warna atau spectrum.
Terang yang dipecahkan ini sampai kemata kita sebagai warna yang hidup dan bermacam-macam, dan sering  seolah bersinar atau bercahaya.  Menakjubkan, sehingga kupu-kupu itu telah disebut “pelangi-pelangi hidup.” Mikroskop menunjukkan bahwa itu benar suatu kenyataan!
Siapa kecuali Allah yang mendisain, menciptakan dan mengabadikan “pelangi-pelangi hidup” ini.

1 komentar:

KANGMARTHO mengatakan...

blognya bagus dan inspiratif..
jadi kerasan ke sini

 
TOP